Upacara Adat Labuhan Merapi merupakan tradisi Kraton Yogyakarta yang diselenggarakan pada akhir bulan Rejeb (rajab) tepatnya tanggal 30 Rejeb dalam penanggalan Jawa setiap tahunnya. Upacara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Jumenengan Ndalem Sri Sultan Hamengku Buwono X. Tradisi serupa juga diselenggarakan kraton Yogyakarta dua tempat yang berbeda yaitu di Pantai Parangkusumo dan Gunung Merapi.



Lokasi Prosesi Upacara Adat Labuhan Merapi Kraton Yogyakarta diselenggarakan di Lereng Selatan Gunung Merapi tepatnya di Pos 1 Srimanganti jalur pendakian Gunung Merapi dari sisi selatan atau via Kinahrejo. Untuk menuju Pos 1 Srimanganti dapat ditempuh dari bekas rumah Mbah Maridjan yang berada di desa Kinahrejo.



Tradisi ini hingga saat ini masih dipertahankan keberadaannya sebagai sebuah kekayaan budaya Keraton Yogyakarta yang merupakan bagian dari kekayaan budaya Nusantara


Evita sebagai sebuah produk air minum dalam kemasan asli Yogyakarta turut aktif berperan dalam event-event yang bertemakan pelestarian budaya Nusantara, apalagi sumber mata air Evita ada di lereng Gunung Merapi, dimana hal tersebut menyebabkan Evita sebagai sebuah AMDK dengan rasa yang amat segar.


Dalam acara Labuhan Merapi tahun ini, Evita ikut mensuport dan menjadi air minum resmi dalam penyelenggaraan acara Labuhan Merapi tersebut.


( April 2018 )

Kembali Ke Halaman Warta Evita