Pernahkan anda bertanya berapa banyak air dalam tubuh ? Persentase air dalam tubuh bervariasi tergantung umur dan jenis kelamin Jumlah air dalam tubuh manusia berkisar 50-75%. Rata-rata kandungan air dalam tubuh orang dewasa berkisar 50-65%. Persentase air dalam tubuh bayi lebih tinggi, biasanya antara 75-78%, turun ke 65% pada usia satu tahun.



Komposisi tubuh bervariasi tergantung dari jenis kelamin maupun kondisi kesehatan tubuh, karena jaringan yang gemuk mengandung lebih sedikit air daripada jaringan yang langsing. Rata-rata manusia dewasa pria mengandung 60% air. Rata-rata manusia dewasa wanita mengandung 55% air karena wanita cenderung memiliki jaringan yang gemuk dibandingkan pria.


Bayi dan anak-anak memiliki kandungan air tertinggi. Manusia dewasa laki-laki memiliki kandungan air tertinggi nomer dua. Manusia dewasa perempuan memiliki kandungan air yang lebih rendah daripada kedua di atas. Persentase air tergantung dari level dehidrasi. Manusia merasa haus setelah kehilangan sekitar 2-3% dari cairan tubuh.


Kesehatan mental dan koordinasi fisik mulai menurun sebelum kehausan muncul, biasanya setelah dehidrasi sekitar 1%. Sekitar 30-40% dari berat manusia adalah tulang, tetapi apabila kandungan air hilang, entah karena pengeringan secara kimia maupun karena panas, setengah dari berat manusia hilang.

Dimana Tepatnya Air di Dalam Tubuh Manusia

Sebagian besar air dalam tubuh berada di dalam sel ( intracellular fluid ) mencapai 2/3 dari cairan tubuh. Sisanya berada di luar sel ( extracellular fluid ). Komposisi air dalam organ tubuh bervariasi, tergantung pada organnya. Sebagian air berada dalam plasma darah (20% dari total tubuh ). Menurut penelitian yang dilakukan oleh H.H. Mitchell yang dipublikasikan dalam the Journal of Biological Chemistry, jumlah air dalam jantung dan otak adalah 73%, dalam paru-paru 83%, otot dan ginjal 79%, dalam kulit 64%, dan di dalam tulang sekitar 31%.

Apa Fungsi Air Dalam Tubuh Manusia ?

Air merupakan bahan utama sel yang berfungsi sebagai insulator, mengatur suhu tubuh dalam manusia. Hal ini dikarenakan air memiliki panas jenis yang tinggi, plus tubuh menggunakan keringat dan pernafasan untuk mengatur suhu tubuh. Air diperlukan untuk metabolisme proteins dan karbohidrat yang digunakan sebagai makanan. Hal itu adalah komponen utama air liur yang digunakan untuk mencerna karbohidrat dan membantu menelan makanan. Air sebagai campuran pelumas sendi. Air melindungi otak, tulang belakang, organ-organ dan janin. Dalam hal ini air berfungsi sebagai shock absorber.

Air digunakan untuk menggelontor sisa dan racun dari tubuh melalui urin


( diterjemahkan dari www.chemistry.about.com/waterchemistry )

Artikel Kami Lainnya

Mengenai Pentingnya Air Minum Bagi Tubuh Manusia

alternative text

Berapa Banyak Air Dalam Tubuh Manusia ?

alternative text

Coming Soon

alternative text

Coming Soon

alternative text

Coming Soon